Akhir Maret Normalisasi Saluran Air di Jalan Kebon Kacang 31 Rampung

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas Sudin SDA melakukan normalisasi saluran air di Jalan Kebon Kacang 31. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) melakukan normalisasi saluran air di Jalan Kebon Kacang 31, RW 04 Kelurahan Kebon Kacang Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tanah Abang Eli Menawan Sari menjelaskan, normalisasi saluran dilakukan sepanjang 70 meter dengan lebar 40 sentimeter dan tinggi kedalaman 40 sentimeter.

"Sebelumnya saluran ini memiliki lebar dan kedalaman hanya 30 sentimeter. Normalisasi sudah dimulai sejak 21 Februari dan target selesai akhir Maret 2022. Saat ini saluran yang sudah tutup plat atau selesai sekitar 20 meter," jelasnya.

Eli mengungkapkan, normalisasi ini merupakan usulan dari Lurah Kebon Kacang karena ukuran saluran yang kecil dan rusak membuat aliran air tidak mengalir dengan lancar saat hujan deras.

"Kita kerahkan enam personel dengan dukungan satu unit breaker dan genset. Pengerjaan ini dilakukan secara manual mulai dari pengurasan dan pemasangan turap dinding saluran," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Kebon Kacang Nani Suryani yang dikonfirmasi terpisah membenarkan bahwa saluran air di kawasan Jalan Kebon Kacang 31, RW 04 kerap terjadi genangan saat curah hujan tinggi dan sering tersumbat. Pihaknya pun berterima kasih kepada Satpel SDA Kecamatan Tanah Abang yang cepat menindaklanjuti.

"Normalisasi sekarang ini juga termasuk dalam usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021. Sejauh ini pengerjaannya cepat dan rapi, diharapkan tidak ada lagi genangan," katanya.