Anggota PPSU Duri Pulo Raih Gelar Sosok Humas Inspiratif Favorit

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Angga Rahmana (kanan) anggota PPSU Duri Pulo yang meraih penghargaan terfavorit dari AHJ. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) menggelar penganugerahan pemenang lomba Anugerah Humas Jakarta (AHJ) Tahun 2022, di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Kamis (13/10).

AHJ merupakan sebuah kompetisi bagi seluruh insan humas baik lingkup Perangkat Daerah, Unit Perangkat Daerah hingga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Kegiatan yang diluncurkan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali ini, merupakan kali pertama digelar pada tahun 2022. Bertujuan memberikan penghargaan atas kinerja layanan kehumasan, atau layanan komunikasi dan informasi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk berkompetisi dalam meningkatkan kualitas komunikasi publik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat yang dalam hal ini berpartisipasi dalam kategori Sosok Humas Inspiratif dengan mengirimkan kandidat seorang anggota PPSU Kelurahan Duri Pulo akhirnya berhasil meraih gelar tersebut.

Gelar Sosok Humas Inspiratif, diperoleh oleh  pria berusia 33 tahun bernama Angga Rahmana.

Angga yang menjadi inspirasi karena program sosialnya ini mengaku tidak menyangka dirinya bisa terpilih, lantaran bersaing dengan kandidat lainnya yang memiliki program lebih bagus.

"Bahagia banget karena emang selama ini kalo bikin kegiatan sosial, bikin video tentang pekerjaan yang menginformasikan masyarakat itu ga pernah ada tujuan cuman bisa bermanfaat bagi masyarakat aja. Jadi diajak saja udah Alhamdulillah, apalagi bisa sampe jadi pemenang favorit itu rasanya luar biasa banget," ujar pria yang juga dikenal dengan gerakan cuci kaki ibu massal ini.

Angga berharap, apa yang dikerjakannya selama ini dapat membuka mata semua pihak bahwa apapun profesi dan pendidikannya, memiliki kesempatan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Apalagi temen-temen yang lain anak muda yang keren, yang punya pendidikan lebih pasti bisa, memang butuh kerja keras dan semangat, tapi saat semua pengen coba jalanin Insya Allah pasti bisa dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan melakukan inovasi," imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko dalam kesempatan tersebut mengatakan, humas pemerintah merupakan ujung tombak dalam penyampaian program, kinerja, dan kebijakan pemerintah. Sehingga, Penganugerahan AHJ ini sebagai bentuk Apresiasi kepada para praktisi Humas di Pemprov DKI Jakarta atas kerja kerasnya.

"Saya apresiasi kepada seluruh peserta maupun tim penyelenggara yang telah mengadakan acara ini dalam waktu relatif singkat. Saya percaya 123 karya kehumasan yang terkumpul merupakan karya-karya terbaik yang dikerjakan dengan sepenuh hati dan menggambarkan upaya kita dalam pengelolaan komunikasi dan informasi publik," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta Netti Herawati menerangkan, momentum ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi perangkat daerah serta BUMD dalam aktualisasi karya-karya kehumasan. Selain itu, juga dapat menjadi sarana silaturahmi dan mempererat kualitas bagian informatika kehumasan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para praktisi humas Pemprov DKI Jakarta, semoga dengan adanya ini dapat menambah semangat rekan-rekan dalam bekerja sebagai garda terdepan menyampaikan pesan-pesan dan kebijakan serta program pemerintah kepada masyarakat," ungkap Netti.

Untuk diketahui, dalam AHJ ini mengangkat tema Narasi Kolaborasi Membangun Jakarta. Tema ini merupakan elaborasi dari semangat Jakarta sebagai Kota Kolaborasi.

Pengumpulan dan Penilaian lomba ini berlangsung sejak 26 Agustus hingga 5 Oktober 2022. Penganugerahan ini diberikan secara langsung kepada 12 pemenang perwakilan kehumasan dari perangkat daerah, unit kerja perangkat daerah (UKPD), serta BUMD.