Antisipasi Sempal, Pohon Beringin Berukuran Besar Dipangkas

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satgas Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Tanah Abang melakukan pemangkasan pohon beringin. Foto: pusat.jakarta.go.id

Satu pohon pelindung jenis beringin berukuran besar yang terdapat di Jalan Penjernihan I, Kelurahan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat dipangkas tim Satuan Tugas (Satgas) Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Tanah Abang.

Kasatpel Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Tanah Abang Siti Asri Nurochmawati mengatakan, pihaknya melakukan pemangkasan terhadap satu pohon beringin yang tingginya mencapai 30 meter dan diameter 50 cm karena sudah terlalu rimbun.

"Untuk antisipasi pohon sempal tersebut, kita lakukan pemangkasan agar warga masyarakat yang melalui jalan ini menjadi nyaman dan aman," kata Wati saat dikonfirmasi, Kamis (18/5).

Ia menuturkan, pemangkasan pohon beringin tersebut, atas hasil pemantauan atau keliling wilayah yang dilakukan oleh tim Satgas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Tanah Abang.

"Begitu ada pohon sudah rimbun dan tinggi langsung dilakukan pemangkasan. Mengingat saat ini cuaca tidak menentu, pohon yang sudah rimbun perlu kita pangkas, agar pohon tidak sempal," tandasnya.