Antisipasi Sumbatan, Kelurahan Pasar Baru Sisir Jalan Samanhudi

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pembersihan tali air di Jalan Samanhudi. Foto: Farandy Purba

Jajaran Kelurahan Pasar Baru melaksanakan instruksi pembersihan saluran dan tali tali air di wilayahnya. Kegiatan yang dipimpin langsung Lurah Pasar Baru Arby Novianto ini diawali dengan melakukan penyisiran Jalan Samanhudi di sekitar kolong rel Stasiun Sawah Besar.

Sejumlah tali air dan lubang saluran yang tampak tersumbat oleh endapan lumpur dan sampah plastik langsung mendapatkan penanganan dari petugas PPSU dengan menggunakan alat bantu seperti sapu, sekop, linggis, dan bambu untuk dibersihkan.

"Kegiatan ini semata-mata untuk mengantisipasi adanya sumbatan sumbatan di tali air," ujar Arby didampingi Sekretaris Kelurahan Nunung Suryani dan Kasie Ekbang Dumaria Panjaitan di lokasi, Jumat (11/11).

Menurut Arby, kegiatan pembersihan tali tali sebenarnya sudah rutin dilakukan oleh pihaknya, namun masih terdapat oknum yang membuang sampah sembarangan sehingga pada saat turun hujan sampah tersebut terbawa hingga masuk ke tali-tali air. Selain sampah, pihaknya juga menemukan adanya pipa-pipa dan bekas coran yang dapat menyumbat aliran air.

"Ya kami akan sisir mana yang harus kita koordinasikan dengan SKPD terkait, supaya intinya tali-tali air ini tidak ada sumbatan dengan alat-alat yang tadi," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Kelurahan Pasar Baru mengerahkan 40 personel PPSU kelurahan dan sejumlah personel PPSU bantuan dari wilayah lainnya di Kecamatan Sawah Besar. Selain Jalan Samanhudi, titik lain yang dilakukan penyisiran adalah Jalan Gunung Sahari Raya.