Aplikasi Alpukat Betawi Bantu Warga Urus Sendiri Dokumen Kependudukan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Keberadaan layanan Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi) yang  dapat diakses melalui daring banyak disenangi masyarakat.

Hal tersebut karena, warga DKI Jakarta dapat mengurus dokumen kependudukan mulai Akta Lahir, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), perubahan biodata, hingga Akta Kematian secara online melalui aplikasi atau website Alpukat Betawi tersebut.

Warga Kelurahan Cempaka Putih Timur Nick Nurachman mengaku senang dengan adanya Alpukat Betawi karena dapat memudahkannya saat mengurus dokumen kependudukan disela-sela kesibukannya.

"Aplikasi ini bagus sekali karena saya tinggal mengisi data-data dan meng-upload syarat-syarat yang diminta, selang beberapa hari saya ke kelurahan untuk mencetak KIA," ucapnya.

Pelayanannya, lanjut Nick, pun cukup bagus, mudah dan tergolong sangat cepat. "Saya bawa hp saja ke loket kelurahan dan menunjukkan pendaftaran di aplikasi Alpukat Betawi. Nunggu sekitar 3 menit untuk dicetak. Sangat mudah bisa diurus sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengungkapkan, pelayanan Alpukat Betawi memang bagus untuk mempercepat proses pelayanan dan menghindari pungli.

Dia pun mengajak masyarakat mengurus sendiri dokumen yang dibutuhkan. "Kita terus mengimbau dan mengajak warga agar dapat mengurus sendiri dokumen yang dibutuhkan dan memanfaatkan sarana aplikasi yg sudah disediakan Pemda DKI," ajaknya.

"Kita juga telah mengedukasi perangkat RT/RW dan warga agar menggunakan aplikasi digital Alpukat Betawi," tutupnya.