Apresiasi Rumah Memilah 01 Gambir, Sandang Predikat Pahlawan Penanganan Sampah

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian apresiasi bidang pengendalian sampah. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam peringatan Hari Pahlawan pada 10 November ini, Satuan Pelaksana (Satpel) Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Gambir memberikan apresiasi kepada sejumlah pengurus RW yang sukses melakukan pengelolaan sampah.

Kasatpel LH Kecamatan Gambir Mumuh Mulyana menyebutkan, tanpa merangkul masyarakat mustahil amanat Pergub Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah bisa terlaksana dengan baik. 

"Kami mengapresiasi sekali bapak-bapak Ketua Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) dalam melaksanakan Pergub 77/2020. BPS memberikan data yang pemilahan sampah dan verifikasi lapangan, lalu kemudian dimasukkan ke komponen bank sampah, komposting, dan eco enzyme," katanya.

Mumuh melanjutkan, sejak program Jakarta Sadar Sampah diluncurkan pada 2 Januari 2022, pihaknya telah memberikan edukasi mengenai pengolahan sampah. Edukasi tersebut dilakukan sambil lansung dipraktekkan. "Dengan adanya pengolahan sampah, maka produksi sampah bisa dikurangi, ditekan, dan dikendalikan," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Camat Gambir Agus Triono mengatakan, apresiasi bagi para Ketua RW dengan menyandang predikat pahlawan penanganan sampah ini diharapkan membawa berkah tersendiri.

"Ini bakal menjadi agenda rutin, maka dari itu RW lain di Kecamatan Gambir diharapkan ikut tergugah, termotivasi, dan bangkit semangatnya," ujarnya.

Dalam giat Apresiasi Rumah Memilah 01 Gambir, juara pertama diraih RW 06 Petojo Utara. Lalu peringkat kedua ditempati RW 01 Cideng, dan di peringkat ketiga ada RW 04 Kebon Kelapa. Sedangkan juara harapan 1 adalah RW 02 Duri Pulo, dan juara harapan 2 adalah RW 05 Petojo Selatan.