Asekbang Buka Musrenbang Kecamatan Tanah Abang

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Tanah Abang. Foto: Malik Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tanah Abang, di kantor kecamatan setempat, Kamis (10/2).

Dalam sambutannya Bakwan Ferizan Ginting mengungkapkan bahwa saat ini sedang melaksanakan Budaya Timur yaitu musyawarah.

"Dalam bermusyawarah ini hal-hal ikhwal yang terkait kemaslahatan kita dilaksanakan secara kekeluargaan menuntaskan permasalahan di wilayah berdasarkan kebutuhan skala prioritas," ucapnya.

Dalam Musrenbang di Tingkat Kecamatan Tanah Abang ini, Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, ada 14 hal yang merupakan wewenang pusat.

"Dari karakteristik wilayah Kecamatan Tanah Abang yang menjadi sentra sehingga ada beberapa permasalahan khususnya di dalam sarana dan prasarana wilayah. Setelah diinventarisasi oleh tim ada 14 hal yang kegiatannya tidak menjadi tugas wilayah," jelasnya.

Ia mencontohkan penataan Kali Krukut, Pembuatan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di pelintasan sebidang di Jalan Tentara Pelajar dan pembenahan wilayah di Kawasan Perumnas.

"Kita akan koordinasikan dan sudah diinventarisasi untuk dibawa ke Tingkat Provinsi DKI Jakarta dan Musrenbang Nasional, kita akan kawal terus," katanya.

"Sesuai arahan wali kota seluruh yang menjadi wewenang pusat akan diinventarisasi untuk diajukan ke tingkat berikutnya, tidak hanya di Kemayoran, namun seluruh wilayah," imbuhnya.

Ia berharap semoga pandemi segera berakhir agar perencanaan-perencanaan tersebut bisa terakomodir seluruhnya.

"Pengalaman kita sudah diprogramkan tetapi terjadi pandemi, kita alihkan sebagian anggaran ke penanganan Covid sehingga perencanaan berubah. Semoga seluruh perencanaan ini bisa kita eksekusi dengan baik dan mudah-mudahan semuanya bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Musrenbang Kecamatan Tanah Abang terdapat 459 usulan dengan nilai 62 miliar. Sebagai berikut, 347 kegiatan yang akan diakomodir di 2023, 98 kegiatan yang akan dilaksanakan di 2022, dan 14 kegiatan yang masih dalam pertimbangan.