Asekbang Instruksikan Inventarisasi Jakpreneur di Tiap Wilayah Jakpus

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi program Jakpreneur di Ruang Pola. Foto: Angga Rizkyanda

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Bakwan Ferizan Ginting menginstruksikan kecamatan, kelurahan, beserta OPD pengampu melakukan inventarisasi Jakpreneur yang ada di tiap wilayah. Hal ini dilakukan terkait adanya target 256 wirausaha di Jakpus yang ditetapkan Kementerian Koperasi dan UKM.

Dia menjelaskan, target wirausaha di Tingkat DKI Jakarta, wilayah Jakpus saat ini telah mencapai 56 ribu Jakpreneur dari target 40 ribu Jakpreneur. Namun, jumlah tersebut masih belum memenuhi target wirausaha di tingkat nasional sebesar 256 ribu wirausaha. Sehingga, pihaknya menginstruksikan untuk melakukan inventarisasi jumlah akurat Jakpreneur di Jakpus.

“Kelurahan, kecamatan, diinventarisasi lagi untuk dicatatkan jumlah Jakpreneur yang ada. Tolong juga dilakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, misalnya pada saat pertemuan RT/RW tolong dimobilisasi lagi untuk tercatat dan terdaftar,” ungkapnya saat sosialisasi program Jakpreneur di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (31/8).

Selain itu, Bakwan Ferizan Ginting juga meminta peran para OPD pengampu Jakpreneur untuk membuat trobosan dan langkah kongkret untuk meningkatkan capaian target 256 Jakpreneur tingkat nasional ini.

Menurutnya, target nasional ini telah dipetakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, sehingga kedepannya wilayah perlu membuat aksi-aksi agar target nasional ini tercapai.

“Teman-teman kelurahan Kasie Ekbang kelurahan, dan kecamatan tolong dibuatkan rencana konkretnya supaya kita up terus. Didiskusikan apa saja yang perlu,” tandasnya.