Asminkesra Hadiri Tabligh Akbar Hari Bermuhammadiyah dan Silaturahmi Pra- Muktamar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat M Fahmi menghadiri Tabligh Akbar Hari Bermuhammadiyah. Foto: Malik Maulana

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat M Fahmi menghadiri Tabligh Akbar Hari Bermuhammadiyah dan Silaturahmi Pra-Muktamar ke 48 di Masjid Ar Rahman, Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (18/10).

Fahmi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, Muhammadiyah merupakan organisasi terbesar kedua di Indonesia yang dibangun oleh Kiyai Haji Ahmad Dahlan pada tahun 1912 untuk membongkar segala kejumudan dan segala kegelapan dengan kebaharuan.

"Kiyai Ahmad Dahlan sepulang dari Makatul Mukarramah kemudian melakukan pembaruan, mengajak umat untuk terbuka lebar-lebar terutama di bidang pendidikan dan sosial yang saat itu kita sedang mengalami kemunduran sebagai negara anak jajahan. Nah salah satu kontribusi yang terbesar di Muhammadiyah adalah orang dididik untuk memahami tentang makna kemerdekaan, makna pendidikan, dididik bagaimana membangun sosial bersama, membangun kebersamaan dengan masyarakat melalui jalur-jalur yang ada," katanya.

Fahmi menambahkan, Muhammadiyah adalah organisasi yang luar biasa sudah tiga dimensi yaitu masa pra perjuangan, masa kemerdekaan, dan masa pascakemerdekaan.

"Semoga kedepannya Muhammadiyah semakin berjaya. Mudah-mudahan kedepannya Muhammadiyah jauh lebih baik dari hari ini," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Eko yulianto mengungkapkan kegiatan Tabligh Akbar ini akan berlangsung sebulan sekali dan bergantian di empat Rumah Sakit Islam di Jakarta.

"Masjid ini akan direnovasi agar masjid semakin lebih hidup lagi dan sementara ini bagian depan masjid sudah dipugar, nantinya setelah direnovasi masjid kita ini akan menjadi pusat kajian Islam," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan pencanangan renovasi Masjid Ar Rahman RSIJ Cempaka Putih, launching Baitul Tanwil Muhammadiyah (BTM) Surya Cempaka berkemajuan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Cempaka Putih, dan Penyerahan SWO serta ceramah agama oleh Sekertaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti dengan tema "Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta".