Aspem Tinjau PSN di RW 05 Kramat

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany secara langsung melakukan pengecekan jentik di kamar mandi rumah warga. Foto: Farandy Purba

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany meninjau pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 05 Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jumat (1/7).

Denny didampingi Kasudin Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Kasudin Kominfotik) Kota Administrasi Jakarta Pusat Lestari Ady Wiryono, Lurah Kramat Agus Yahya, serta bersama kader Jumantik berkeliling ke rumah warga memeriksa jentik nyamuk.

"Tadi sampling di beberapa rumah ternyata tidak ditemukan jentik nyamuk, artinya angka bebas jentik 100 persen. Alhamdulillah, kasus demam berdarah dengue (DBD) di RW 05 tidak ada, ini berkat kerja keras para kader Jumantik yang selalu monitor dengan mengingatkan warga saat melakukan gerakan PSN," katanya.

Menurutnya, para kader Jumantik di sini sudah baik dan bagus karena sudah berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Kendati demikian, Aspem mengimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan dan rumah agar terhindar dari berbagai penyakit.

"Walaupun tidak ada kasus DBD jangan lali atau lengah. Kita harus hati-hati, untuk mengantisipasi datangnya penyakit baru. Untuk itu, harus membersihkan lingkungan masing-masing," ungkapnya.

Denny menambahkan, kunci terhindar dari serangan DBD ialah menjadi Jumantik diri sendiri dengan melakukan pembersihan rumah secara rutin tidak perlu hari Jumat saja.

"Kuncinya terhindar dari DBD ada di warga sendiri, kader Jumantik sifatnya hanya memantau dan mengingatkan. Penghuni rumah yang pro aktif," tandasnya.