Atasi Banjir, Lurah Kebon Kacang Tinjau Normalisasi Saluran

Reporter: Khalda (magang) | Editor: Iman

Lurah Kebon Kacang, Nani Suryani meninjau normalisasi saluran air di Jalan Kebon Kacang 41, Foto: Zaki

Lurah Kebon Kacang, Nani Suryani  meninjau normalisasi saluran air di Jalan Kebon Kacang 41, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (5/8)
Nani mengatakan, normalisasi saluran sepanjang 891 meter ini merupakan upaya untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut akibat tersumbatnya aliran air.

"Ini dilakukan karena mengatasi masalah banjir yang ada dan kerap terjadi genangan saat hujan turun,"katanya.

Nani menuturkan warga Kelurahan Kebon Kacang di wilayah RW 08, menyambut baik normalisasi saluran ini yang telah berjalan sejak awal Agustus.

"Alhamdulillah aman terkendali, tidak ada konflik dari masyarakat, yang memang secara aturan bangunan di atas saluran tidak boleh (ada bangunan), sesuai dengan Perda (Peraturan Daerah) Nomor 8 Tahun 2007,"tuturnya.

Nani berharap dengan adanya normalisasi saluran air ini dapat mengembalikan fungsi saluran air tersebut sebagaimana mestinya.

"Ini sudah dikerjakan, ini proyek Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang progresnya baru berjalan satu minggu. Jadi, untuk ke depannya, mungkin kalo dilihat dari penyampaian sekitar tiga bulan, dan harapannya 3 bulan sudah terselesaikan dengan rapih. (Jadi), warga (bisa) menikmati dari hasil normalisasi tersebut,"harapnya.

Di lokasi yang sama pengawas lapangan kegiatan ini Waslin menjelaskan, dalam pengerjaannya pihaknya menerjunkan 15 personil serta satu alat berat.

"Kita kerjakan siang-malam, dan menggunakan alat berat agar cepat selesai, personil (berjumlah) 10 orang untuk siang, kalau malam lima orang," jelasnya.

"Kondisi saluran sebelumnya mampet total, tidak ada lagi tempat untuk air mengalir," tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga jalan Kebon Kacang 41 Andi mengaku, senang dengan adanya normalisasi saluran ini. 


"Bagus sekali ada perubahan seperti ini, karena selama ini terjadi genangan saat hujan turun, mudah-mudahan setelah selesai (kegiatan normalisasi) ini tidak ada (lagi) banjir,"harapnya.