Bahayakan Warga, 127 Pohon Rawan Tumbang di Wilayah Kemayoran Dipangkas

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pemangkasan pohon rawan tumbang. Foto: pusat.jakarta.go.id

Satuan Tugas (Satgas) Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran sudah melakukan pemangkasan sebanyak 127 pohon pelindung yang rawan tumbang atau sempal selama periode Januari sampai dengan pertengahan Maret 2022.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran Jayadi mengatakan, pemangkasan sejumlah pohon pelindung ini menindaklanjuti permintaan warga yang khawatir terjadi pohon tumbang saat hujan dan angin kencang.

"Periode Januari sampai pertengahan Maret 2022 ini, pihaknya telah melakukan pemangkasan 127 pohon pelindung terdiri dari, pohon mahoni, angsana, trembesi, glodokan, beringin, tabe bua, sawo kecik, dan pohon kapuk," ungkap Jayadi saat dikonfirmasi, Rabu (16/3).

Jayadi menjelaskan, banyak pohon pelindung yang sudah rimbun dan tinggi sehingga rawan tumbang. Selain itu, juga mengganggu kabel listrik, rambu lalu lintas, dan lampu penerangan jalan.

"Setiap melakukan pemangkasan mengerahkan tujuh personel dibantu dengan alat gergaji, golok, dan tambang.  Sampah daun dan ranting dibuang ke Bantargebang," ucapnya.

Jayadi juga berharap dengan pemangkasan pohon ini dapat meminimalisir terjadinya pohon tumbang. "Saya berharap dengan telah dilakukan pemangkasan, beban pohon berkurang, sehingga meminimalisir terjadinya pohon tumbang atau sempal,"  harapnya.