Bank Sampah Kelurahan Kebon Kosong Wakili DKI Lomba Bank Sampah Nasional

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri, Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat (Jakpus) menjadi perwakilan Provinsi DKI Jakarta, dalam perlombaan Bank Sampah Tingkat Nasional yang dilaksanakan Pegadaian Pusat.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Jakarta Pusat, sekaligus Pembina Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri Joko Sarjono menerangkan, tahapan perlombaan bank sampah ini dimulai 1-30 September 2022. Di mana ada empat kategori yang diikuti Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri di antaranya, kategori administrasi bank sampah, kategori edukasi bank sampah, kategori inovasi bank sampah, dan kategori video.

"Kita mengikuti perlombaan di empat kategori tersebut. Untuk perlombaan inovasi bank sampah kita sudah melakukan kerajinan daur ulang sampah, composting, dan pupuk cair yang dipakai untuk kebun Eduwisata Bhineka, budidaya maggot serta eco enzyme," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (26/9).

Joko menerangkan, dari 72 bank sampah binaan Pegadaian di seluruh Indonesia, terpilih tujuh bank sampah Jabodetabek, dari tujuh tersebut terpilih dua bank sampah yang lolos verifikasi awal untuk maju ke tingkat nasional salah satunya, Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri. "Dari Jakarta Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri, satu lagi dari Bekasi," terangnya.

Untuk tahapan penjurian, menurutnya, akan dilakunan Oktober 2022 mendatang. Pihaknya juga mengharapkan dukungan semua pihak dalam perlombaan bank sampah tingkat nasional ini.

"Mohon dukungannya, mohon doanya. Karena bank sampah ini akan membawa nama Jakpus dan DKI Jakarta," tandasnya.