Bazar Ramadan Sembako Murah di RPTRA Jaya Molek Ramai Pembeli

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sembako murah bazar Ramadan, di RPTRA Jaya Molek, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Animo warga Kelurahan Pasar Baru untuk membeli paket sembako murah bazar Ramadan cukup tinggi, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Jaya Molek, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Pasar Baru Dumaria Panjaitan mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap bazar tersebut tak terlepas dari sosialisasi yang dilakukan.

"Kami menyampaikan kepada para Ketua RW untuk menyampaikan kepada warganya bahwa ada bazar di RPTRA Jaya Molek selama tiga hari yang dilaksanakan oleh Sahara dan Inkowapi," katanya.

Selain itu, lanjut Dumaria, ramainya bazar yang berlangsung di RPTRA Jaya Molek dikarenakan RPTRA ini juga menjadi salah satu sentra vaksinasi di Kelurahan Pasar Baru.

"Kebetulan RPTRA Jaya Molek pada pagi hari juga digunakan sebagai lokasi vaksinasi sehingga ramai, ada warga yang vaksin sekalian belanja," ujarnya.

Dumaria memaparkan, sembako murah dibagi menjadi tiga paket. Paket pertama dibanderol dengan harga Rp 65.000 berisi minyak goreng 900 liter, beras 2,5 kg dan gula 1 kg. Paket kedua Rp 100.000 berisi minyak goreng 900 liter, beras 2,5 kg, tepung terigu 1 kg dan gula 1 kg. Serta paket ketiga Rp 150.000 berisi minyak goreng 900 liter, daging sapi 1 kg dan gula 1 kg.

"Hari pertama paket satu terjual 12 paket. Paket dua terjual 49 paket, dan paket ketiga terjual satu paket serta penjualan voucer tambahan untuk minyak goreng 40 voucher, gula 12 voucer dan terigu tiga voucer, rata-rata 60 orang perhari yang berbelanja," paparnya.

Menurutnya dengan kehadiran bazar Ramadan ini bisa membantu masyarakat karena harganya lebih murah dibandingkan di pasaran, dan keberadaan paket sembako murah yang digelar ini mendapatkan respons luar biasa dari warga.

"Ini untuk membantu masyarakat agar bergembira di bulan Ramadan. Bazar Ramadan juga mengajak PKK RW untuk menyemarakan bazar ini dengan mengisi produk-produk buatan warga," ucapnya.

Sementara itu, Siti warga Jalan Wahidin 2, Kelurahan Pasar Baru yang juga merupakan petugas PPSU mengaku senang dengan adanya bazar ini. Dan berharap bisa diadakan rutin karena  sangat dibutuhkan masyarakat dan harganya sangat terjangkau.

"Beli bahan sembako ini untuk kebutuhan masak sehari-hari. Harganya murah, sangat terjangkau, saya beli paket satu sama tebus murah minyak goreng seharga 20 ribu," katanya.

Meski tak seramai saat pembukaan, pantauan reporter Kominfotik JP pada hari terakhir bazar Ramadan di Kelurahan Pasar Baru ini terlihat masih banyak warga yang datang untuk berbelanja.