Belum Memiliki Skill, PPKD Jakpus Siap Fasilitasi Pencari Kerja

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) mengikuti pameran bursa kerja atau job fair 2022 yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi, di Mal Thamrin City, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Pemasaran dan Penempatan PPKD Kota Administrasi Jakarta Pusat Drajad mengatakan, kehadiran PPKD Jakpus dalam event ini untuk memfasilitasi para pencari kerja (pencaker) yang belum memiliki keterampilan, keahlian dan kompetensi untuk ikut berlatih di PPKD.

"Mereka (pencaker) akan mengikuti pelatihan selama 30-45 hari, nanti setelah menjalani pelatihan, mudah-mudahan menjadi lebih kompeten ya. Istilahnya dapat sertifikat kompeten yang gunanya untuk melamar di tempat pekerjaan yang diimpikan," katanya.

Drajad menjelaskan, PPKD Jakarta Pusat dahulunya adalah Balai Latihan Kerja (BLK) yang menyelenggarakan kegiatan pelatihan reguler dan Mobile Training Unit (MTU). Seperti, tata boga, tata rias, operator komputer, dan pelatihan kejuruan yang tujuannya untuk meningkatkan skill para pencari kerja agar dapat bekerja setelah mengikuti pelatihan.

"PPKD Jakarta Pusat mempunyai 3in1, yaitu kita melatih kemudian dapat sertifikat BNSP, kemudian kita memasukan dan menempatkan," jelasnya.

"Di PPKD Jakarta Pusat ini dapat menambah ilmu dan menjembatani para pencaker untuk bekerja baik di dalam negeri dan luar negeri. Lulusannya berkompeten, atau dapat bersaing dengan pekerja-pekerja yang ada di dalam dan luar negeri," imbuhnya.

Drajad menuturkan, untuk bergabung dengan PPKD Jakarta Pusat syaratnya ialah warga DKI Jakarta yang dibuktikan oleh KTP dan memiliki surat keterangan domisili.

"Pendaftaran dapat dilakukan langsung ke kantor PPKD Jakpus atau secara online https://ppkdjakpus.com/pendaftaran. Semuanya gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, ini untuk angkatan ke-4, nanti yang dimulai bulan september 2022," tandasnya.