Berkeliling Menumbuhkan Minat Baca Anak

Reporter: Nelly | Editor: Iman

Mobil Pusling Jakpus mengunjungi SDN Johar Baru 09, Foto : Zaki

Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Arsip (Pusip) Jakarta Pusat (Jakpus), sejak Rabu pagi telah berkeliling mengitari jalanan Ibu Kota. Kali ini mobil pusling akan berkunjung ke sekolah SDN Johar Baru 09.

Mobil pusling berwarna merah muda ini sudah siap membawa banyak buku-buku bacaan yang nantinya dapat dibaca para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Johar Baru 09.

Misna salah satu petugas Pusling Sudin Pusip Jakpus mengatakan, ada 12 mobil pusling yang bekeliling wilayah Jakpus menyediakan layanan membaca bagi warga, maupun siswa. Ia menerangkan, di dalam pusling yang dikendarainya membawa kurang lebih 900 jenis buku.

"Kita datang ke sekolah-sekolah maupun ke warga terutama di jam-jam sekolah, kita melayani dari jam sembilan sampai jam dua," terang pria yang sudah 10 tahun menjadi petugas pusling.

Dalam menekuni pekerjaannya Misna mengaku, sangat senang bila buku-buku yang dibawanya dengan pusling berantakan karena dibaca siswa, dibandingkan buku tersebut tertata rapih karena tidak dibaca. Ia bahkan berharap dengan adanya pusling ini dapat menumbuhkan kecintaan anak pada buku.

"Harapannya anak-anak lebih cinta lagi sama buku bukan dengan gadget lagi. Selama inikan udah ngalahin buku, mudah-mudahan dengan adanya pusling anak-anak mau baca lagi, itu aja," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu siswa SDN Johar Baru 09 Shakilla Kumari mengaku, sangat senang dengan kehadiran pusling yang membawa banyak buku yang bisa dia baca bersama teman-temanya. Ada beberapa buku yang ia baca hari ini, termasuk soal profesi astronaut. Baginya, membaca merupakan sebuah kebutuhan untuk menambah kecerdasan. Bahkan perempuan kelas tiga SD ini membaca dua buku dalam satu hari.

"Aku ingin tahu buku soal astronaut, supaya pintar," kata perempuan yang kelak ingin menjadi dokter hewan ini.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SDN 09 Johar Baru Midaningsih mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan kehadiran pusling ke sekolah pasca pandemi Covid-19. Menurutnya kehadiran pusling ini sudah dinantikan para siswa. Kedepan pihaknya mengharapkan, pusling ini terus berlanjut ke sekolah-sekolah untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa dan masyarkat.

"Ini adalah kegiatan yang sangat positif sekali, yang kita tunggu-tunggu, " tandasnya.

Kominfotik JP/NEL