Besok, Pemkot Jakpus Bagun Tiga Septic Tank Komunal

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M. Fahmi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan membangun tiga septic tank komunal dalam rangka Open Defecation Free (ODF).

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M. Fahmi menerangkan, pembangunan septic tank komunal ini akan dilakukan di dua wilayah Kelurahan Rawasari dan 1 wilayah di Kelurahan Cempaka Putih Barat. Pembangunan septic tank komunal ini dilakukan mulai esok hari hingga akhir Desember 2022.

“Pembangunannya kita mulai Jumat (2/12), dan ditargetkan rampung akhir Desember. Selanjutnya kita akan deklarasi 30 Desember,” ungkap Fahmi saat dikonfirmasi, Kamis (1/12).

Fahmi menjelaskan, pembangunan septic tank komunal ini bertujuan agar masyarakat tidak membuang air sembarangan. Sebab ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah. Membuang air besar sembarangan bukan hanya merusak lingkungan tapi juga bisa menyebabkan penyakit.

“Dengan dibangunnya septic tank komunal di dua kelurahan tersebut artinya menuntaskan ODF di satu kecamatan, Kecamatan Cempaka Putih,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Fahmi, baru ada tiga kelurahan di wilayah Jakpus yang telah deklarasi ODF di antaranya, Kelurahan Duri Pulo, Kelurahan Gondangdia, dan Kelurahan Cempaka Putih Timur.