BNN DKI Jakarta Sosialisasikan P4GN Bagi Lurah dan Camat

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi bahaya narkotika kepada lurah, camat, dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD). Foto: Angga Rizkyanda

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta melakukan sosialisasi bahaya narkotika kepada lurah, camat, dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN DKI Jakarta Joko Purnomo mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Jakarta Pusat telah memberikan kesempatan BNN menjelaskan tentang peran yang dilakukan oleh Pemkot dalam menanggulangi bahaya narkotika.

"Kami ingin Pemkot bersama kami bisa berkolaborasi menanggulangi bahaya narkotika. Di Jakarta ada 77 titik kawasan rawan yang harus ditanggulangi bersama terutama di Jakarta Pusat,“ kata Joko saat rapat koordinasi wilayah sosialisasi Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (5/7).

Joko menjelaskan, wilayah Jakarta Pusat penduduknya cukup padat yang sangat rentan dan rawan terhadap bahaya narkotika. Untuk itu, BNN DKI Jakarta mengajak para lurah, camat, dan UKPD terkait dalam melakukan kegiatan serta upaya lain sesuai tupoksi masing-masing dalam menanggulangi dan mencegah bahaya narkotika.

"Nah ini kami butuh penguatan dan butuh kolaborasi kepada jajaran pemerintah daerah. Saya berharap, tentunya para lurah dan camat bisa mendorong partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungannya dari bahaya narkotika. Tentunya mulai dari lingkungan keluarga karena ketahanan keluarga menjadi penting," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengapresiasi kegiatan sosialisasi P4GN yang digelar BNN DKI Jakarta.

"Menurut BNN DKI Jakarta bahwa perkembangan kasus narkoba di Jakarta meningkat dan ada berbagai modus operandi sasaran yang semakin berkembang baik itu dari materi maupun sasarannya,“ ungkapnya.

Iqbal menambahkan, sosialisasi P4GN ini guna mengantisipasi serta mencegah penyebaran gelap narkoba. Untuk itu,  ia  mengingatkan kepada lurah dan camat bersama seluruh elemen masyarakat, unsur polisi, dan TNI untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran narkoba.

Selain ada upaya secara nyata di lapangan, lanjutnya, BNN juga mengingatkan agar melakukan penginputan di dalam Aplikasi P4GN  untuk menjadi tolak ukur secara administrasi.

"Tahun 2021 DKI Jakarta menginput administrasi Aplikasi P4GN tersebut berada diperingkat ke tiga. Mudah-mudah tahun ini menjadi peringkat pertama, ini adalah target kami," pungkasnya.