BNPB Salurkan 10.000 Masker Medis Bagi Warga Petojo Selatan

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Petojo Selatan didampingi Kabiro Keuangan BNPB bagikan masker kepada warga. Foto: H. A. Daelani

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkolaborasi dengan jajaran Kelurahan Petojo Selatan secara door to door membagikan masker medis di kawasan Pasar Petojo Enclek, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Secara simbolis, Kabiro Keuangan BNPB Tavip Joko Prahoro menyerahkan 10.000 masker kepada Lurah Petojo Selatan Rachmat Hidayat, di kantor kelurahan setempat, Senin (14/2).

Tavip mengatakan, pemberian masker medis ini dalam rangka peningkatan protokol kesehatan (prokes) dan meningkatkan perubahan perilaku bagi masyarakat yang selama ini agak kendor memakai masker.

"Secara keselurahan ada sebanyak 1,5 juta masker yang dibagikan ke 135 titk di wilayah DKI Jakarta selama tiga hari. Dimulai dari tanggal 11, 12 dan 14 Februari 2022. Setiap titik lokasi diberikan 10.000 masker kepada masyarakat,“ katanya.

Tavip berharap, agar warga masyarakat  lebih peduli lagi dengan dirinya sendiri yang secara otomatis juga akan peduli kepada keluarga dan lingkungannya untuk tetap menerapkan prokes seperti, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Pandemi Covid-19 ini belum berakhir, jadi jangan lengah harus waspada dan tetap meningkatkan disiplin prokes dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tegasnya.

Sementara itu, Lurah Petojo Selatan Rachmat Hidayat menguncapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi kegiatan BNPB membagikan masker kepada warga Kelurahan Petojo Selatan.

Menurutnya dengan begitu warga masyarakat selalu memakai masker sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Rachmat mengungkapkan bahwa di wilayah Petojo Selatan ada 167 kasus Covid-19 terdiri dari, warga menjalani isoman 148 orang, dirawat di rumah sakit tiga orang, dan di wisma atlet 16 orang.

"Warga yang terpapar Covid-19 baik yang isoman maupun di wisma atlet sudah diberikan sembako dari Dinas Sosial DKI Jakarta," ungkapnya.

Untuk itu, dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, Rachmat mengimbau pengurus RT dan RW supaya mengaktifkan kembali posko Gugus Tugas Covid-19.

"Saya mengimbau kepada warga Petojo Selatan agar selalu memakai masker dan peduli pada dirinya sendiri. Dan bagi pengurus RT-RW supaya lebih aktif melakukan sosialisasi kepada warganya untuk tetap menerapkan prokes," jelasnya.

Dalam pemberian masker kepada warga melibatkan unsur ASN, jajaran tiga pilar, BPBD, FKDM, anggota Satpol PP, RT dan RW, serta PKK kelurahan.