Buka Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan, Irwandi Minta Beri Pelatihan Kekinian

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan yang berlangsung di RPTRA Tanah Abang 3, Kecamatan Gambir, Senin (31/1). Foto: Maulana

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta agar pelatihan yang diusulkan untuk masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dibuat semenarik mungkin agar banyak yang berminat mengikuti pelatihan tersebut.

"Pelatihan kadang kurang diminati masyarakat karena pamflet yang kurang menarik dan pelatihan-pelatihannya kurang menarik, coba buat pelatihan yang kekinian misalnya aplikasi atau lainnya," ucapnya saat membuka Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan yang berlangsung di RPTRA Tanah Abang 3, Kecamatan Gambir, Senin (31/1).

Menurutnya penting sekali usulan non fisik untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah. Dan sebelum melaksanakan pelatihan terlebih dahulu melakukan survei ke masyarakat.

"Tolong berikan pelatihan yang kekinian yang benar-benar dibutuhkan, makannya kalau mau buat pelatihan disurvei dulu ke masyarakat, butuh apa masyarakat," paparnya.

Untuk pelatihnya, kata Irwandi, lebih baik mencari orang-orang profesional yang handal di bidangnya. "Yang melatih harus profesional, jangan orang-orang kita juga, yang profesional dan pelatihan yang menarik dan laku dipasaran," katanya.

Sementara itu, Lurah Petojo Selatan Rachmat Hidayat menyambut baik arahan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat yang meminta pelatihan kekinian yang diajarkan untuk warganya.

"Senang sekali, jika pelatihannya yang bagus-bagus dan kalau bisa dilakukan di wilayah agar tidak memberatkan warga untuk ongkos berangkat ke Balai Latihan Kerja (BLK). Semoga yang diusulkan oleh warga bisa diteruskan kepada instansi terkait," harapnya.

Dalam Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan terdapat 65 usulan yang terdiri dari 25 usulan fisik, 11 usulan non fisik, dan 29 usulan barang.