Bunda PAUD dan Kader PKK Ikuti Pelatihan Mendongeng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan mendongeng di di Aula Kantor Sudin Pusip, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (6/7). Foto: pusat.jakarta.go.id

Bunda PAUD dan KaderTim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengikuti pembinaan dan pelatihan mendongeng dari Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Pelatihan yang diikuti puluhan peserta berlangsung di Aula Kantor Sudin Pusip, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (6/7).

Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, pembinaan dan pelatihan ini adalah bagian dari Kegiatan Wisata Literasi di Jakarta Pusat.

Menurutnya, mendongeng menjadi program unggulannya Bunda PAUD dan Tim Penggerak PKK khususnya Pokja II, dari kegiatan mendongeng ini banyak manfaat yang bisa dikenalkan kepada anak seperti, kosakata baru, meningkatkan keterampilan mendengar, merangsang minat baca anak, mengajarkan anak menyimpulkan sesuatu, dan lainnya.

"Kita sebagai Bunda PAUD juga Tim Penggerak PKK yang bergerak di bidang pendidikan kegiatan ini sangat diperlukan. Agar kita tidak hanya menyelenggarakan kegiatan saja, tapi juga bisa turut aktif di dalamnya. Karena sebagai pengajar dan pendidik, kita juga harus banyak belajar dan menambah keterampilan baru untuk mengajarkan nilai-nilai baik kepada anak-anak," katanya.

Ucu juga mengapresiasi pembinaan dan pelatihan yang diadakan Sudin Pusip dan berharap melalui kegiatan ini nantinya bisa muncul ide-ide baru dan kreativitas yang orisinil.

"Mudah-mudahan bisa muncul ide baru baik dari Bunda PAUD atau Tim Penggerak PKK Sehingga budaya membaca dan berliterasi generasi anak-anak kita bisa meningkat dan kita bisa membentuk generasi yang cerdas," harapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi memaparkan Pelatihan ini merupakan hari kedua. Sebelumnya Selasa (5/7) kemarin telah diikuti puluhan peserta dari para pengelola perpustakaan RPTRA dan perpustakaan umum. Sementara hari ini Pelatihan diikuti sebanyak 100 peserta dari Bunda PAUD dan Kader TP PKK.

"Pembinaan dan pelatihan ini kita mengundang ahlinya mendongeng yaitu Kak Faqih, selain itu kami juga melatih kader TP PKK untuk membuat keterampilan yang bisa untuk diajarkan langsung kepada anak-anak. Diharapkan ilmu ini akan diterapkan supaya dapat mendorong anak-anak untuk terampil berliterasi dengan cara yang menyenangkan," tuturnya.

Rencananya, lanjut Irwan, Sudin Pusip akan melaksanakan kegiatan serupa untuk para guru pendamping siswa bagi sekolah di wilayah Jakarta Pusat pada Kamis (21/7) mendatang.

"Diharapkan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2022 mendatang ini turut menjadi bagian penting dalam mengkampanyekan pemenuhan hak, perlindungan dan tumbuh kembang anak dengan stimulus yang tepat," tutupnya.