Bunda PAUD Jakpus Gelar Mendongeng di Taman Menteng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Bunda PAUD DKI Jakarta Fery Farhati membuka acara mendongeng, di Taman Menteng, Kecamatan Menteng, Rabu (23/3). Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Bunda PAUD  menggelar acara mendongeng, di Taman Menteng, Kecamatan Menteng, Rabu (23/3).

Kegiatan ini diikuti para siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Bunda PAUD DKI Jakarta Fery Farhati mengungkapkan, kegiatan mendongeng ini sudah lama berlangsung namun, karena pandemi maka mendongeng dilakukan secara online.

"Inisiasi ini dilakukan mencari aktivitas menyenangkan dan mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak, karena situasi pandemi sudah mulai membaik maka aktivitasnya kita laksanakan di taman," ucapnya saat ditemui usai acara.

Fery Farhati memaparkan, selain mendongeng anak-anak juga diajarkan membuat origami, orang tua pun diajarkan bagaimana mendongeng untuk anak.

"Mudah-mudahan ini menjadi kebiasaan baik untuk orang tua dan anak di rumahnya karena dengan mendongeng orang tua bisa mengajarkan nilai-nilai yang baik kepada anak dengan cara yang menyenangkan," paparnya.

Menurutnya, aktivitas mendongeng yang semakin sering dilakukan antar orang tua dan anak maka akan membekas hingga dewasa. "Abah saya dulu juga sering mendongeng. Saya senang karena bisa dipeluk sama abah dan mamah jika mau tidur," kenangnya.

Untuk itu, lanjutnya, manfaatkan masa kecil anak-anak ini untuk dapat meninggalkan bekas baik pada diri anak-anak. Sehingga saat dewasa yang dibayangkan anaknya tentang orang tuanya ialah hal-hal yang membuat hatinya nyaman.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan, akan terus menggelar kegiatan mendongeng tersebut sebagaimana cita-cita dan harapan yang ingin membahagiakan anak-anak Jakarta Pusat.

"Setelah ini, kita akan fokus ke orang tua untuk bisa mendongeng, makannya tadi dari Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) orang tua diajarkan mendongeng," ungkapnya.

Nantinya, kata Ucu, pada tanggal 25 Maret 2022 dan saat bulan Ramadan sudah diagendakan kegiatan mendongeng dengan anak-anak.

"Sudah terjadwalkan, bekerja sama dengan Sudin Pusip juga. Mendongeng itu menyenangkan, harapannya orang tua semangat mendongeng untuk anaknya. Mudah-mudahan di tahun ini akan dilombakan, lomba mendongeng,"  tutupnya.