Camat Cempaka Putih Canangkan BIAN di RPTRA Matahari

Reporter: H Nday | Editor: Iman

Camat Cempaka Putih Canangkan BIAN di RPTRA Matahari

Camat Cempaka Putih Fauzi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Cempaka Putih, Rahmawati mencanangkan  Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 tingkat Wilayah Kecamatan Cempaka Putih di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Matahari, Kelurahan Cempaka Putih, Cempaka Putih, Kamis (4/8).                

Kegiatan ini sangat disambut antusias oleh para orang tua dengan membawa para balitanya masing-masing untuk diimunisasi. 

Camat Cempaka Putih Fauzi mengatakan, kita mendukung dan mendorong seluruh anak usia 9-59 bulan untuk mengikuti program BIAN di Wilayah Cempaka Putih ini.

“Kita targetkan dalam satu bulan ini sejumlah 6.200 anak balita usia 9–59 bulan di wilayah (Cempaka Putih) terimunisasi semua,“ ujar Fauzi.

Ia menuturkan, pihaknya sudah membuat perencanaan terkait kegiatan BIAN di wilayhanya. Dalam beberapa hari ke depan, akan dibagi ke seluruh posyandu yang ada di Kecamatan Cempaka Putih. Tentunya dengan melibatkan petugas-petugas kesehatan dari puskesmas dan para relawan instansi terkait, dari rumah sakit swasta juga nanti akan dilibatkan.

“Saya berharap orang tua mendorong, jangan ada paradigma kekhawatiran kalau divaksin atau diimunisasi nanti bayinya sakit demam. Ini yang harus perlu diedukasi kepada para orang tua. Inikan menjadi haknya anak untuk sehat, oleh karenanya pemerintah memfasilitasi kegiatan ini,“ tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Murni Luciana menambahkan, walaupun pencanangan BIAN baru dilaksanakan sekarang , tetapi sebenarnya pihaknya sudah melaksanakan kegiatan ini sejak awal Agustus 2022 lalu.

Pencanangan BIAN ini ada dua katagori terdiri dari imunisasi tambahan usia 9-59 bulan untuk imunisasi Campak Rubela (MR) dan imunisasi Kejar usia 12-59 bulan untuk mengejar ketertinggalan program imunisasi selama pandemi Covid-19 yakni imunisasi Polio, DPT, HB dan HIB.

“Kami mohon untuk warga masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Cempaka Putih untuk membawa balitanya ke sentra atau tempat vaksinasi terdekat, agar balitanya tetap sehat selalu,“ imbuhnya. (Day).