Cegah DBD, Kelurahan Paseban Gelar Jumling dan PSN Seminggu Sekali

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Berlian Sigit

Berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (8/7).

Lurah Paseban Parsiyo mengatakan, untuk mengantisipasi kasus DBD di wilayahnya selalu mengadakan kegiatan Jumat Keliling (Jumling) dengan melaksanakan kerja bakti pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di tiap RW.

"Setiap Jumat kita lakukan PSN untuk memantau jentik nyamuk agar tidak bisa berkembang," ujar Parsiyo di sela-sela pemantauan PSN di RW 03.

Menurutnya, para kader Jumantik bersama aparat kelurahan melakukan kerja bakti untuk mengantisipasi DBD dengan membersihkan maupun menguras bak atau tempat penampungan air lainnya, agar mencegah adanya jentik nyamuk.

Parsiyo juga mengimbau dan mengingatkan kepada warga agar selalu melakukan kegiatan PSN secara mandiri, dengan rutin membersihkan tempat penampungan air dan sebagainya. "Saya ingatkan kepada warga RW 03 agar terus melakukan pengecekan pada semua tempat penampungan air, yang menjadi wadah nyamuk untuk berkembang biak," imbaunya.