Cegah DBD Wali Kota Minta Gencarkan PSN dan Lakukan 3M Plus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan pengecekan jentik nyamuk di dispenser rumah warga. Foto: Malik Maulana

Cegah Demam Berdarah Dengue (DBD) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma minta pemberantasan sarang nyamuk (PSN) agar terus dilaksanakan.

Dhany mengungkapkan saat ini masih dalam musim pancaroba yang membuat cuaca sulit untuk diprediksi terkadang hujan dan berganti panas sehingga bisa menimbulkan genangan.

"Nyamuk aedes aegypti senang di genangan maka tugas kita di sini adalah melakukan pemantauan jentik," ungkapnya saat melakukan monitoring PSN, di RW 03 Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jumat (24/6).

Dhany menuturkan, selain menggencarkan PSN pencegahan DBD dapat dilakukan dengan 3M Plus yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Plusnya hindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu, menyalahkan obat nyamuk.

"Preventif lebih penting daripada kita melakukan penindakan. Saat ini mengubur diganti dengan mendaur ulang. Karena barang bekas kalau dikubur tidak bagus untuk lingkungan karena sulit diurai yang menyebabkan tanah tidak subur, makanya yang harus dilakukan adalah mendaur ulang," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari mengatakan, untuk di wilayah Kelurahan Cikini tidak ada kasus demam berdarah.

Risma meminta pencapaian ini tetap bisa dipertahankan dan lingkungan bersih harus tetap dijaga agar semua sehat. "Di Kelurahan Cikini ini nol angka kasus DBD-nya. Lingkungan bersih ini harus tetap dijaga," tandasnya.