Cegah Gizi Buruk, Wakil Wali Kota: Dengan Saling Berbagi Makanan Kepada Tetangga

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: Shabrina Saraswati

Dalam upaya mencegah meningkatnya kasus balita yang menderita gizi buruk, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengimbau masyarakat untuk saling berbagi makanan ke tetangga.

Menurutnya, masyarakat dapat berperan aktif dalam mencegah meningkatnya gizi buruk di wilayah Jakarta Pusat dengan saling berbagi makanan kepada tetangga.

"Cara menghindari gizi buruk yaitu, berbagi. Saling ingatkan dan berbagi makanan kepada tetangga," ucapnya saat ditemui usai monitoring PSN, di RW 02 Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jumat (10/6).

Irwandi juga meminta kepada petugas posyandu di masing-masing wilayah untuk lebih giat lagi memperhatikan warga-warga yang memiliki penyakit, terkhusus gizi buruk pada balita. Sebab, alasan beberapa balita menderita gizi buruk ialah karena keterbatasan kondisi ekonomi orang tuanya.

"Posyandu tolong sosialisasi ke rumah-rumah kalau ada makanan malam yang tersisa yang tidak dimakan bisa berbagi ke warga yang tidak makan," pintanya.

"Bukan yang bekas atau basi ya maksudnya yang berlebih," imbuhnya.

Irwandi menjelaskan, sikap saling berbagi merupakan salah satu ajaran dalam agama. "Bahkan, kata Nabi Muhammad SAW, kalau di rumah kita makan enak, di dekat rumah kita ada yang gak makan, itu kita dapat dosa loh," terang Irwandi.

"Dosanya apa, tidak memperhatikan tetangga atau orang-orang terdekatnya. Kita enak-enak, tetangga ada yang gak makan, dosa," pungkasnya.