Cegah Hepatitis Akut, Kelurahan Mangga Dua Selatan Gencarkan Sosialisasi ke warga

Reporter: Maulana | Editor: Shendy Adam

Cegah Hepatitis Akut, Kelurahan Mangga Dua Selatan Gencarkan Sosialisasi ke warga

Cegah Hepatitis Akut, Kelurahan Mangga Dua Selatan Gencarkan Sosialisasi ke warga

Guna mencegah penyebaran penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya, Kelurahan Mangga Dua Selatan bersama Puskesmas Kecamatan Sawah Besar menggelar sosialisasi di RW 05 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Jumat(13/5)

Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam penanganan penyakit menular terutama dalam kondisi maraknya hepatitis yang belum diketahui penyebabnya. "Alhamdulillah di kelurahan Mangga Dua selatan belum ada kasus. Mudah-mudahan bisa terus dipertahankan dengan memasifkan sosialisasi kepada warga," katanya.

Menurutnya, sosialisasi atau penyuluhan ini dilakukan untuk menambah wawasan warga terkait dengan penyakit hepatitis akut tersebut. "Pertama dilaksanakan di RW 05 ini karena salah satu RW padat penduduk yang memang termasuk juga ke dalam RW kumuh sedang. Harapanya tentu penyakit ini tidak ada di wilayah kita,"ucapnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Tuti Widiastuti menjelaskan penyakit hepatitis sebenarnya sudah ada sejak dulu. Penyebabnya ialah virus hepatitis A, B, C dan E. Akan tetapi, khusus untuk hepatitis yang sedang merebak memang belum diketahui pasti penyebabnya apa.

"Gejalanya lebih ke arah saluran cerna bisa diare, mual,muntah kemudian kalau berlanjut fase yang berat timbul gangguan fungsi hati ditandai penyakit kuning. Sampai pada fase yang berat timbul kejang dan penurunan kesadaran,"jelasnya.

Jika memiliki gejala tersebut, lanjutnya orangtua harus segera membawa anaknya ke fasilitas kesehatan. "Lebih baik lagi ke puskesmas karena kami akan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat penyebab lainnya karena gejala ini bisa disebabkan penyakit yang lain, Kasus ini banyak terkena ke anak mulai 1 bulan sampai 16 tahun," ucapnya.