Cegah Kebakaran, Irwandi Minta RT-RW Ingatkan Warga Dalam Penggunaan Alat Listrik

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Kebakaran di rumah penduduk atau kontrakan sering terjadi karena dipicu korsleting listrik dari alat listrik yang tidak dicabut usai selesai dipergunakan.

Seperti kebakaran pagi tadi, di Jalan Karet Pasar Baru Timur V, RT 17 RW 09 belakang Apartemen Sudirman Park, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat diduga diakibatkan korsleting listrik yang berasal dari cas-an handphone.

Melihat hal tersebut, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta para RT dan RW memantau dan mengingatkan para warga untuk memperhatikan penggunaan kabel listrik.

"Tolong RT-RW juga tegur yang punya rumah sewa, terkadang tidak memperhatikan kabel, rata-rata korslet akibat korsleting kabel yang tidak digunakan semestinya, kadang kabel untuk speaker digunakan untuk listrik, akhirnya panas dan mengeluarkan api," ucapnya.

"RT dan RW serta kelurahan juga sebenarnya punya kewajiban untuk memantau itu," imbuhnya.

Menurutnya, selama ini masih banyak masyarakat yang lalai untuk melepas alat elektronik yang sudah tidak digunakan sehingga memicu korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Masih banyak masyarakat yang lupa mencabut stop kontak setelah selesai menggunakan alat elektronik misalnya kabel cas-an handphone atau lainnya, itu bisa memicu kebakaran," tandasnya.