Diikuti 86 Peserta, Sudin Nakertransgi Jakpus Gelar Pelatihan Security

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Suasana pemberkasan di halaman Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Khalda Staff Intern

Sebanyak 86 orang mengikuti pelatihan satuan pengamanan atau security yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat, di halaman Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (29/8).

Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat mengatakan, para peserta akan menjalani pelatihan selama 15 hari dengan materi pelatihan dasar-dasar menjadi security.

"Mereka akan diajarkan teknik pengamanan dan teknik komunikasi agar bisa berkomunikasi dengan baik antar instansi yang dilakukan pengamanan, pelatihnya langsung dari Polda Metro Jaya termasuk sertifikasinya," katanya.

Sudrajat menuturkan, persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini ialah memiliki tinggi badan, berat badan ideal, tidak bertato, dan bertindik.

Menurutnya, pelatihan ini berdasarkan aspirasi masyarakat saat Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang).

"Setelah pelatihan kita akan bekerja sama dengan stakeholder terkait yang membutuhkan tenaga security bisa ambil dari kita, kita juga memasarkan ke perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta Pusat," ucapnya.

"Harapannya dengan pelatihan ini bisa mengurangi pengangguran yang ada di Jakarta Pusat khususnya dan DKI Jakarta umumnya, pelatihan ini gratis tidak dipungut biaya," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Putri peserta asal kecamatan kemayoran mengaku senang dengan adanya pelatihan ini. Menurutnya pelatihan ini dapat menunjang keinginannya untuk menjadi seorang security, terlebih pelatihan ini tidak dipungut biaya.

"Tahu dari saudara, pendaftarannya pun mudah, pelatihannya bagus sekali dan gratis. sebelumnya pernah ingin ikut pelatihan tetapi tidak jadi karena bayar, kalau di sini gratis dan disalurkan," ujarnya.