Dua RT di Kelurahan Kebon Kosong Dijadikan Lokasi Penilaian Adipura

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Kebon Kosong Alfalast Dewanto. Foto: Nelly Marlianti

Lurah Kebon Kosong Alfalast Dewanto melakukan pemantauan kesiapan Adipura yang ada di wilayahnya akan dilakukan pada minggu ke-3 Agustus hingga September mendatang.

Alfalast menambahkan, ada dua RT yang akan dijadikan lokasi penilaian Adipura di antaranya RT 14, dan RT 13, serta satu Lembaga Pengelola Sampah (LPS).

"Saat ini kita sedang persiapan penilaian Adipura. Tiap minggu kita lakukan pemantauan. Kita juga lakukan pembinaan di lintasan, pengecatan kastin, hingga pengendalian PKL," ungkapnya Rabu (3/8).

Alfalast menjabarkan, RT 14 dipilih sebagai lokasi Adipura karena memiliki Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri yang hingga kini nasabahnya aktif menyetorkan sampah setiap minggu. Di mana usai menabung sampah, nasabah akan mendapatkan uang untuk ditabung, nantinya uang tersebut dapat ditukarkan menjadi logam mulia.

Sementara, lanjutnya, di RT 13 terdapat modular tank yang dibangun Sudin Sumber Daya Air (SDA). Di mana modular tank tersebut berfungsi sebagai teknologi terbarukan untuk penyerapan air hujan yang masuk ke tanah. Untuk LPS Dakota, terdapat pengolahan sampah organik dan rumah maggot.

"Kita sudah 25 persen pengolahan sampah, kita harus yakin dan optimis dapat meraih Adipura," tandasnya.