Fery Farhati Tinjau PIK Keluarga Unggulan di RW 04 Kelurahan Pegangsaan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peninjauan Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati KIP Keluarga Unggulan di RW 04 Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati dan Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ellisa Sumarlin melakukan monitoring dan evaluasi Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga Unggulan, di RW 04 Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis(16/6).

Fery Farhati mengatakan, peran kader PIK adalah sebagai wadah penyampaian informasi yang akurat dan pusat konsultasi serta menjembatani warga dengan unsur terkait penanganan berbagai masalah yang ada dalam keluarga. Sehingga cepat mendapatkan solusi yang terbaik.

"Alhamdulillah kita memiliki ketua PIK yaitu seseorang yang dipercaya warga sehingga informasi dari pemerintah akan mudah tersalurkan dan ketika punya permasalahan masyarakat merasa nyaman berkonsultasi dengannya," katanya didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah.

Menurutnya, peran kader PIK sangat penting dalam menciptakan keluarga-keluarga yang baik dan sejahtera yang bisa mengarahkan atau merujuk ke bidang-bidang tertentu.

Untuk itu, lanjutnya, kader PIK perlu mendapatkan perhatian dan pelatihan agar perannya menjadi lebih efektif dan efesien.

"Adanya pelatihan diharapkan permasalahan sosial yang ada di dalam keluarga bisa terselesaikan dengan baik. Sehingga peran kader PIK dapat berfungsi dengan baik dan dipercaya masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ucu Jamilah menjelaskan PIK Keluarga ini merupakan program Pokja I TP PKK yang berada di tiap RW.

"Di Jakarta Pusat setiap RW ada PIK Keluarga-nya, dan RW 04 Kelurahan Pegangsaan ini merupakan unggulannya di Jakarta Pusat," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, RW 04 Kelurahan Pegangsaan sangat aktif sehingga dijadikan PIK Unggulan mewakili Jakarta Pusat.

Dhany berharap dengan pertemuan ini bisa membina PIK RW 04 Kelurahan Pegangsaan menjadi lebih bermanfaat. "Mudah-mudahan dengan pertemuan ini akan terbina PIK yang benar-benar bermanfaat dalam rangka pembentukan karakter keluarga khusunya di jajaran RW 04 Kelurahan Pegangsaan," harapnya.