Festival Betawi Jilid II Digelar di Jalan Percetakan Negara

Reporter: Joiss Bella Kasih Staff Intern | Editor: Andreas Pamakayo

Palang pintu membuka membuka Festival Betawi Jilid II, di Jalan Percetakan Negara V. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Festival Betawi Jilid II, di Jalan Percetakan Negara V, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Sabtu (27/8).

Dhany mengatakan, acara ini sangat luar biasa untuk mengingatkan kembali bahwa Jakarta yang maju sekarang ini tidak melupakan akar budayanya yaitu budaya masyarakat Betawi.

“Di Jakarta Pusat kita lihat keragaman budayanya, suku bangsa, agamanya yang sesungguhnya perbedaan-perbedaan itu adakah satu kesatuan utuh dibalut komitmen bersama” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sub Unit 01 Rawasari Fadil menerangkan bahwa kegiatan ini dikemas dalam bentuk puncak perayaan HUT ke-77 RI.

“Adapun rangkaian kegiatannya telah kami laksanakan berupa lomba-lomba dan pertandingan olahraga antar warga yang dilaksanakan sejak awal bulan Agustus,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi B DPRD Ismail menambahkan, ini adalah contoh kolaborasi positif dan sangat baik untuk bisa menjadi model yang bisa ditiru.

“Ini bukan suatu prestasi puncak karena saya yakini masih banyak ide-ide kreatif yang dimiliki oleh adik-adik karang taruna kedepannya,” harap Ismail.

Untuk diketahui, Festival Betawi yang juga dalam rangka menyemarakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini diisi oleh beragam pertunjukan seni betawi mulai dari palang pintu, Ondel-ondel, dan tarian Betawi serta bazar kuliner khas Betawi.

Pembukaan ini juga dihadiri oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi, Camat Cempaka Putih Fauzi, Lurah Rawasari M Arif Biki, dan Ketua RW 01 Ayi.