Festival Kebon Bang Jaim Akan Kembali Digelar Tahun Ini

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta Nindyawati. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan menggelar kembali Festival Kebon Bang Jaim pada tahun 2022 ini.

Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta Nindyawati mengatakan, Festival Kebon Bang Jaim ini merupakan festival rakyat yang di dalamnya terdapat pemberdayaan sekaligus bertemunya para pelaku kreatif. Di mana nantinya kegiatan festival ini diisi oleh ragam kesenian, misalnya pertunjukan seni, serta kuliner.

“Rencananya kita ingin adakan kegiatan ini di bulan Agustus,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (20/1).

Nantinya, lanjut Shinta, akan ada perbedaan konsep penyelengaraan Festival Kebon Bang Jaim karena digelar saat situasi pandemi Covid-19. Akan  membatasi jumlah pengunjung yang hadir agar tidak terjadi kerumunan. Namun, di sisi lain pihaknya juga tidak bisa melarang masyarkat untuk datang.

Kedepannya, Sudin Parekraf akan memberlakukan sistem e-tiket, di mana warga yang hendak berkunjung harus memesan tiket melalui google form. Cara ini dilakukan guna meminimalisir keramaian saat festival Kebon Bang Jaim berlangsung. Sehingga jika pengunjung tidak memiliki tiket, tidak bisa masuk.

“Kita inginnya ramai tapi kondisinya terbatas karena masih pandemi Covid-19,” jelasnya.

Selain Festival Kebon Bang Jaim, serangkaian festival lain juga akan digelar, yakni Festival Kuliner Pecenongan, Festival Kuliner Nusantara, serta pelatihan Jakpreneur binaan Sudin Parekraf.