Gelar Job Fair di Plaza Gajah Mada, Targetkan 4.000 Orang Terserap Kerja

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau stan job fair di Plaza Gajah Mada. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertransgi) membuka kegiatan bursa kerja (job fair) 7-8 November 2022, di Plaza Gajah Mada, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Senin (7/11).

Pembukaan job fair tersebut ditinjau langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma berserta jajaran terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini, Dhany Sukma menuturkan, bursa kerja gratis ini merupakan rangkaian kegiatan ke tiga untuk wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Kali ini kita melaksanakan di Gajah Mada Plaza dengan melibatkan 40 perusahaan penjaring kerja. Kemudian, kita targetkan untuk 4.000 pencari kerja. Mudah-mudahan bisa dipertemukan, cocok kompetensinya dan bisa ada penempatan selama dua hari. Hari ini Senin dan Selasa," ujar Dhany di lokasi.

Dhany menjelaskan, tujuan utama dari kegiatan bursa kerja adalah bagaimana bisa mengatasi persoalan pengangguran yang ada di DKI Jakarta, sekaligus mencoba melibatkan binaan Jakpreneur yang juga binaan dari Sudin Nakertransgi berupa bazar-bazar. 

"Jadi bazar-nya juga bisa disediakan, media untuk akses usahanya. Kemudian juga pencari kerjanya juga bisa bertemu dengan pengguna pekerja dan kepada perusahaan pun diharapkan mampu mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan," terangnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajad menjelaskan, jumlah pencari kerja setiap tahun semakin meningkat sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit, sehingga terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja.

"Sebagai solusi permasalahan tersebut pihaknya kami perlu menyelenggarakan kegiatan pameran bursa kerja (job fair) di lingkup Kota Administrasi Jakarta Pusat, guna memfasilitasi pertemuan antara kedua belah pihak baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja," ujar Sudrajad.

Dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 pagi tersebut, tampak para pencari kerja mendatangi setiap stan perusahaan yang tersedia dengan harapan agar bisa diterima kerja oleh salah satu dari perusahaan tersebut.

Salah satunya, Grace meminta agar kegiatan bursa kerja seperti ini terus diadakan dan diperbanyak, agar peluang untuk mendapat pekerjaan lebih besar.

"Saya tau informasi bursa kerja dari sosmed dan temen. Semoga lebih sering ngadain job fair biar peluangnya semakin lebar dan yang lain juga bisa ikutan," harapannya.