Gelar PSN, Ditemukan Jentik di Empat Rumah Warga RW 07

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

aksi gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan RW 07. Foto: Berlian Sigit

Jajaran Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat menggelar aksi gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan RW 07. 

Aksi gerakan PSN tersebut dipimpin oleh Sekretaris Kelurahan Cideng, Birrul Muhasni, Jumat (7/1).

Dalam aksi pemberantasan sarang nyamuk di wilayah RW 07 ditemukan jentik nyamuk di dispenser, bekas kolam ikan, dan bak mandi. 

Melihat hal tersebut Sekretaris Kelurahan Cideng langsung menegur pemilik rumah agar segera membersihkan penampungan air tersebut.

"Waduh, gimana bu kok di dispenser ada jentiknya, ini berarti jarang dibersihkan. Tolong buang air ke tanah langsung bersihkan," ucap Birrul didampingi Ketua RW 07 Kelurahan Cideng Sukiono, saat memantau gelar aksi gerakan PSN.

"Terkait dengan temuan jentik nyamuk di beberapa rumah warga, saya langsung memberikan tahukan kepada pemilik rumah untuk segera membersihan dan membuang airnya agar jentik nyamuk tidak menjadi nyamuk dewasa," imbuhnya.

Lebih lanjut Birrul menuturkan, aksi gerakan PSN di wilayahnya rutin dilaksanakan setiap Jumat, memeriksa jentik yang dilakukan oleh kader Jumantik ke rumah warga yang ada tampungan air seperti, tampungan air dispenser, bak mandi, tempat minum burung, pot bunga, dan lain sebagainya.

"Dengan adanya kegiatan PSN warga diharapkan lebih sadar menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing dan menjadi Jumantik mandiri secara rutin memeriksa tempat penampungan air sehingga bebas dari jentik nyamuk DBD," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Kelurahan Cideng Sukiono menambahkan, untuk kasus DBD dari tahun 2021 hingga saat ini tidak ada. Ini berkat kader Jumantik yang bekerja maksimal.

“Jentik nyamuk di wilayah pasti ada, namun berkat kerja keras kader Jumantik nyamuk aedes agypti yang menyebabkan DBD tidak berkembang, karena begitu ada jentik langsung dimusnahkan," kata Sukiono mengakhiri.