Gubernur Resmikan Gedung Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Pusat Keunggulan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memotong pita meresmikan Gedung Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Pusat Keunggulan. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam peresmian Gedung Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Pusat Keunggulan, yang masih berada di SMK Islam Said Na'um, Jalan KH Mas Mansyur No 25, RT 14/RW 5, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (2/2).

Dalam sambutannya, Anies Baswedan mengatakan, selama pandemi terjadi lompatan pemanfaatan teknologi sehingga yang harus mengalami perubahan pertama kali adalah tenaga pendidik.

Menurutnya ketika ada sesuatu atau alat baru maka pengguna alat yang akan menentukan apakah alat tersebut bisa digunakan maksimal.

"Kuncinya adalah tenaga pendidik, sehingga tenaga pendidik di sini harus melakukan benchmarking (tolok ukur) atas pemanfaatan fasilitas. Gurunya harus belajar lebih banyak lagi, alat merupakan hasil dari pabrik sementara proses pembelajaran adalah hasil dari pendidik dan peserta didiknya," katanya.

"Teknologi yang baru, Alat-alat yang baru hanya sebatas fasilitas, kuncinya ada pada proses pembelajaran," imbuhnya.

Anies berharap, agar gedung baru tersebut tidak dipandang sebagai pelengkap tetapi sebagai alat untuk lompatan kuantum.

"Sekolah ini harus memiliki lompatan, jadilah guru yang ekstra sehingga anak-anak akan belajar lebih baik lagi. Semoga sekolah bisa melatih, mengembangkan keterampilan agar para siswa dapat setara dengan kompetensi abad ke-21," ucapnya.

Anies juga mengingatkan fasilitas ini adalah amanat besar yang diemban oleh para pengurus karena Yayasan Wakaf Said Na'um memiliki perjalanan yang cukup panjang. Ia pun memberikan selamat atas fasilitas baru yang telah terbangun.

"Selamat atas fasilitas barunya dan dengan mengucap Bismillahirohmanirahim pada hari ini Rabu 2 Februari 2022 Gedung Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Pusat Keunggulan secara resmi dinyatakan digunakan," tandasnya.