Gulkarmat Sektor Tanah Abang Ajarkan Penanggulangan Kebakaran Secara Dini

Reporter: Maulana | Editor: Shendy Adam

Gulkarmat Sektor Tanah Abang Ajarkan Penanggulangan Kebakaran Secara Dini. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka memitigasi bahaya kebakaran secara dini oleh masyarakat, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) sektor Tanah Abang melaksanakan pengenalan dan pelatihan pengoperasian pompa portabel yang ada di rumah pompa RT 18 RW 14 Kelurahan Kebon Melati, Minggu(23/1).

"Dikenalkan dan diajarkan pengoperasian pompa portabel tujuannya agar sebelum petugas pemadam datang masyarakat sudah bisa melakukan penanggulangan kebakaran secara dini," kata Kepala Sektor Gulkarmat Kecamatan Tanah Abang, Sunaryo.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan khususya di area permukiman yang termasuk padat penduduk. "Akses ke lokasi sangat terbatas dan banyak rintangannya," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, selain pengoperasian pompa portabel, para peserta dijelaskan formasi regu pompa portabel yang terdiri dari enam orang lengkap dengan tugas-tugasnya.

"Nomor satu sebagai kepala regu yang mengatur taktik dan strategi pemadaman, nomor dua sebagai operator yang mengoperasikan pompa portabel, nomor tiga dan empat sebagai anggota yang tugasnya mempersiapkan pompa portabel dan menyambungkan selang hisap dan nomor tiga sebagai pengawas penghisapan dan nomor empat sebagai pengawas jalur pemadaman," jelasnya.

"Nomor lima tugasnya mengoperasi selang dan sebagai pembantu nozzle dan nomor enam mengoperasi selang dan sebagai nozzlemen. Untuk penggunaan selang disesuaikan dengan jarak titik yang terbakar," imbuhnya.

Nantinya, lanjut Sunaryo, RW setempat yang akan mengatur berapa orang atau regu yang akan bertugas

"Untuk kedepannya, ditentukan tingkat RW setempat, berapa orang atau berapa regunya. Semoga dengan adanya tandon air dan pompa portabel dapat membantu masyarakat secara dini dalam penanggulangan kebakaran," tandasnya.