Hadiri Gebyar 100 Ribu Warung, Wali Kota Jakpus Berikan Testimoni

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Gebyar 100 Ribu Warung, di Lapangan Banteng. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri gebyar 100 ribu warung posko pangan dan laku pandai di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (16/12).

Dalam kesempatan ini, Dhany Sukma memberikan testimoni mengenai Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA), di mana saat dirinya belum genap dua tahun menjabat sebagai wali kota bertemu dengan Ketua Umum INKOWAPI (Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia) yang juga merupakan Founder Sahara Sharmila memaparkan rencana dan gagasan terkait pemberdayaan perempuan.

"Beliau memaparkan bagaimana meningkatkan peran perempuan dalam menunjang ekonomi keluarga melalui usaha warung di kampung-kampung," katanya.

"Kita berdiskusi dan sepakat untuk membangun ekosistem dalam rangka pengembangan ekonomi berbasis warung dengan mengedepankan peran perempuan," imbuhnya.

Saat format warung di kampung-kampung telah terbentuk, kata Dhany, selanjutnya menggandeng stakeholder terkait dari BUMN dan BUMD.

"Tidak hanya akses permodalan dan pelatihan, tetapi juga pengelolaan keuangan berbasis digital, bahkan kita road show meresmikan warung-warung yang telah di make over," ucapnya.

Dhany memaparkan dalam sebelas bulan hasil yang didapatkan para pemilik warung tersebut sungguh luar biasa.

"Contohnya di sini, ada warung Ibu Ani, Maya, Sati, Desi, dan Suwatmi, yang semula pendapatannya sehari hanya 100 ribu kini omsetnya meningkat mulai dari 500 juta hingga satu miliar," paparnya.

"Dari keberhasilan di Jakarta Pusat, Ibu Sharmila bertekad bisa berlanjut ketingkat nasional, jadi sesuai dengan motto saat ini sukses Jakarta untuk Indonesia," tegasnya.

Dalam gebyar 100 ribu warung dibuka langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, Ketua Umum INKOWAPI yang juga merupakan Founder Sahara Sharmila, Wakil Ketua Umum  Kadin Bidang Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting.