HUT ke-50 Wayang Orang Bharata, Anies Baswedan: Jadilah Tontonan dengan Tuntunan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pertunjukan Wayang Orang Bharata. Foto: Malik Maulana

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Wayang Orang Bharata.

Perayaan berlangsung di Gedung Pertunjukan Wayang Orang Bharata, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/7) malam.

Anies mengapresiasi kehadiran sembilan generasi paguyuban Wayang Orang Bharata yang dihadirkan dalam pertunjukan hari ini. Menurutnya perjalanan selama 50 tahun yang dilalui paguyuban itu tidaklah mudah.

"Kita semua sadar bahwa di balik perjalanan 50 tahun itu ada kerja yang konsisten, keteguhan, ketekunan kemauan untuk belajar, kemauan untuk berbagi dan kecintaan tanpa syarat pada wayang orang tanpa itu rasanya tak mungkin kita saksikan perjalanan Wayang Orang Bharata," ucapnya.

Anies menuturkan, pertunjukan Wayang Orang Bharata tidak mengalami penuaan, karena generasi baru terus menerus melestarikan budaya Indonesia ini.

"Kita harus menengok ke depan, jadi Wayang Bharata ini masih punya usia yang panjang ke depan, Karena itu, kami Pemprov DKI Jakarta ingin terus mendukung dan memastikan bahwa 50 tahun ini adalah 50 tahun yang mudah. Karena Wayang Orang Bharata tidak pernah alami penuaan," ujarnya.

Anies berharap keberadaan paguyuban ini terus lestari melalui sejumlah inovasi sehingga mampu mencapai usia 100 tahun.

"Saat itu, mudah-mudahan kita diberi umur panjang. Kita bisa menyaksikan ada fase kedua yang penuh inovasi sehingga Wayang Orang Bharata menjadi tontonan dengan tuntunan. Kita butuh itu saat ini. Banyak tuntunan yang tak enak jadi tontonan tapi terlalu banyak tontonan tanpa tuntunan. Kita ingin keduanya hadir," harapnya.

Anies menegaskan Pemerintah Provinsi akan terus mendukung Wayang Orang Bharata dengan melakukan renovasi Gedung Pertunjukan ini dengan tampilan yang mencerminkan era 2022.

"Nantinya Gedung Wayang Orang Bharata akan punya teknologi, fasilitas, cara pengelolaannya yang mencerminkan era baru. Kita berharap mudah-mudahan bisa tuntas sebelum akhir tahun sehingga kita bisa menyaksikan pertunjukan di tempat yang baru ini," tegasnya.

"Selamat berkarya, selamat mengembangkan budaya. Kita jadikan kebudayaan bukan suatu penghidupan tapi kebudayaan sebagai kehidupan," tandasnya.