Ini Target Perencanaan Strategis Pemkot Jakpus

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin. Foto: Angga Rizkyanda

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menargetkan penguatan peran wali kota dalam perbaikan pelayanan publik dan pemerataan hasil pembangunan kota administrasi menjadi salah satu target Perencanaan Strategis (Renstra) tahun 2023-2026.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menerangkan, target dan sasaran perencanaan strategis di tiap wilayah kota di DKI Jakarta sudah melalui tahapan penyeragaman. Sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran di wilayah Jakarta Pusat juga seragam dengan empat kota administrasi lainnya.

“Penguatan wali kota terhadap pelayanan publik ini menjadi tujuan dari seluruh kota di DKI Jakarta, kecuali Kepulauan Seribu karena masuk ke dalam kabupaten,” ungkapnya usai pembahasan finalisasi cascading perencanaan strategis secara virtual, di Ruang Sekko I, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (8/3).

Iqbal menerangkan, dalam penguatan peran wali kota terhadap pelayanan publik dan pemerataan pembangunan kota ini berkaitan dengan kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat, mulai dari kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota.

“Jadi untuk mencapai sasaran dari target perencanaan strategis ini kita menetapkan indeks dan indikator dari kepuasan masyarakat. Seperti apa penilaian masyarakat terhadap program pelayanan dan kegiatan yang ada di Pemkot Administrasi Jakarta Pusat,” jelasnya.

Iqbal juga menekankan, guna mencapai pelaksanaan dari target perencanaan strategis ini SKPD terkait harus memastikan kegiatan SKPD di tingkat kota terintegrasi dengan tujuan bersama.

Terkait penyusunan seluruh program perencanaan strategis tahun 2023-2026, Iqbal menegaskan, pada Rabu (9/3) besok seluruh target sasaran di tingkat kota harus diselesaikan. “Rabu besok perencanaan strategis tahun 2023-2026 semuanya harus sudah selesai,” tandasnya.