Inilah Program Prioritas Sudin PPAPP Tahun 2022

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Plt Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Rizky Hamid. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) telah memprioritaskan beberapa program kerja di tahun 2022.

Plt Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Rizky Hamid menerangkan, program kerja sudin PPAPP di tahun 2022 masih akan fokus pada program prioritas yang sudah ditentukan.

Menurutnya, program prioritas tersebut di antaranya program perlindungan pada kekerasan perempuan dan anak sesuai KSD 13. Di mana nantinya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang ada di Jakpus akan dijadikan Pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).

Pos SAPA ini, lanjutnya, akan dijadikan tempat pengaduan tahap pertama sebelum dilanjutkan pelayanannya pada Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

“RPTRA ini tentunya jadi wadah untuk melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” terangnya usai melakukan pengarahan terhadap para pengelola di RPTRA Kenanga, Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/1).

Selain itu, kata Rizky, pihaknya juga terus berupaya mewujudkan program kesejahteraan keluarga satu pintu bersama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Di mana saat ini tengah berlangsung pendataan keluarga satu pintu. Serta menjalankan program digitalisasi pusat pelayanan keluarga yang akan diluncurkan Dinas PPAPP DKI Jakarta.

“Kita juga akan terus mendorong kader Dasawisma untuk bergerak menginformasikan pada masyarakat tentang program-program Pemprov DKI Jakarta,” jelasnya.