Irwandi Buka Bazar Ramadan di Kelurahan Utan Panjang

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi didampingi Ketua TP-PKK memberikan paket sembako murah dalam bazar Ramadan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi membuka bazar Ramadan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kampung Budaya, Jalan T Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Kamis (7/4).

Irwandi mengatakan, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan menjaga kesediaan stok barang serta kestabilan harga maka diselenggarakan bazar sembako murah.

"Pak Gubernur meminta untuk menggerakkan perekonomian masyarakat maka bazar ini diselenggarakan di 44 kelurahan se-Jakarta Pusat," katanya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting.

Dalam kesempatan ini, Irwandi juga mengungkapkan program pemberdayaan UMKM sebenarnya telah dibahas oleh dirinya bersama Founder Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) Sharmila sejak 2017 lalu namun, tidak bisa terealisasi.

"Program ini dari tahun 2017 saya bersama Ibu Sharmila, pemberdayaan klontong namanya dulu, tetapi tidak bisa berjalan karena tidak ada suport dari atas, kini saya sudah di Jakarta Pusat Insya Allah ini berjalan," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan bahwa kegiatan Bazar Ramadan ini sangat ditunggu-tunggu para ibu-ibu dan sejalan dengan program PKK.

"PKK punya program upaya peningkatan pendapatan keluarga, tahun ini PKK fokus dengan tagline yaitu PKK masyarakatnya ingin berdaya, berkarya, dan bermanfaat, Jadi Insya Allah kegiatan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, bazar ini merupakan waktu yang tepat di mana dilaksanakan pada momen bulan Ramadan, saat masyarakat ingin kebutuhannya terpenuhi dengan baik, mudah, dan murah.

"Mudah-mudahan di Bazar Ramadan yang diselenggarakan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI) dan SAHARA, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang mudah, dan murah," ucapnya.

Dalam Bazar ini, masyarakat bisa membeli sembako murah dibagi menjadi tiga paket yakni, paket pertama dibanderol dengan harga Rp 65.000 berisi minyak goreng 900 liter, beras 2,5 kg dan gula 1 kg.

Paket kedua Rp 100.000 berisi minyak goreng 900 liter, beras 2,5 kg, tepung terigu 1 kg dan gula 1 kg.

Paket ketiga Rp 150.000 berisi minyak goreng 900 liter, daging sapi 1 kg dan gula 1 kg. Setiap pembelian satu paket sembako masyarakat dapat menambah pembelian satu produk murah lainnya.