Irwandi Minta Musrenbang Kedepannya Sediakan Kuesioner

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi saat membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Sawah Besar. Foto: Shabrina Saraswati

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kedepannya menyediakan kuesioner untuk warga guna mengetahui pelatihan yang warga inginkan.

Hal ini diungkapkannya, saat membuka pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Sawah Besar, di kantor kecamatan setempat, Rabu (9/2).

Dalam kesempatan ini, Irwandi mengatakan, pelatihan yang diusulkan ke dalam Musrenbang harus lebih kreatif dan kekinian. Sehingga kedepannya perlu dibuat kuesioner untuk warga terkait pelatihan yang menarik.

"Ini tolong kedepannya buat pelatihan menarik untuk warga. Kalau perlu sebelum Musrenbang buat kuesioner mau pelatihan apa sih. Kita ikutin masyarakat, jangan top down tapi buton up," ungkapnya.

Irwandi juga menginstruksikan agar mengundang para pengusaha dari luar untuk memberikan pelatihan bagi warga. Menurutnya saat ini warga lebih membutuhkan pelatihan praktis dan kekinian, apalagi anak muda.

"Undang pengusaha-pengusaha muda apa sih yang diinginkan anak muda sekarang. Kalau pelatihan dagang gorengan mah nggak laku, " katanya.

Untuk diketahui, Musrenbang Tingkat Kecamatan Sawah Besar Tahun 2022 ini mengusulkan 645 usulan di antaranya, 339 usulan fisik, 230 pengadaan barang, dan 76 non fisik. Jumlah usulan yang lanjut ke anggaran 2023 sebanyak 550 usulan dan masuk ke anggaran 2022 sebanyak 95 usulan.