Jaga Ketahanan Pangan, TP PKK Petojo Selatan Tanam Cabai di RPTRA.

Reporter: Farandy Purba | Editor: Shendy Adam

TP PKK Petojo Selatan tanam cabai di RPTRA Tanah Abang 3

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Petojo Selatan melakukan kegiatan penanaman pohon cabai di RPTRA Tanah Abang 3, Petojo Selatan, Gambir, Jumat (4/11). Kegiatan penanaman ini dalam rangka pemanfaatan lahan dan untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat, khususnya di wilayah Petojo Selatan.

 

Ketua TP PKK Kelurahan Petojo Selatan, Hajijah mengungkapkan kegiatan ini juga merupakan program PKK Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan penanaman dan panen secara bersamaan di DKI Jakarta.

 

"Nah kita baru bisa lakukan minggu ini.  Sebanyak 15 pohon yang diberikan Sudin KPKP dengan ketinggian rata-rata 15-20 cm," ujar Hajijah di lokasi.

 

Menurut Hajijah, tanaman cabai dipilih karena tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga dapat menggunakan pot sebagai media tanam dan bisa dilakukan di RPTRA.

 

Kemudian cabai dianggap lebih kuat, tahan lama, dan menjadi salah satu kebutuhan yang krusial bagi warga di Jakarta.

 

" Hampir rata-rata semua di RPTRA terus wilayahnya atau spotnya memang bagus untuk pertumbuhan cabe tersebut. Jadi kita lebih fokus ke RPTRA yang memang lebih mendukung pertumbuhan si cabe dan mudah-mudahan sampe kita panen InsyaAllah," lanjut Hajijah . Ia berharap pohon-pohon yang ditanam saat ini dapat diapanen di kemudian hari, dan dapat dinikmati oleh masyarakat. 

 

Dalam kesempatan tersebut, TP PKK Kelurahan Petojo Selatan juga melakukan panen terhadap tanaman rosella yang menjadi ikon Kota Jakarta Pusat. "Memang ini sudah kita panen untuk kedua kalinya dan alhamdullilah sudah kita manfaatkan," tutup Hajijah.