Jajaran Kelurahan Petojo Selatan Bersama KKN UPI Tasikmalaya Lakukan PSN di RW 03

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Jajaran Kelurahan Petojo Selatan bersama tim KKN UPI Tasikmalaya melakukan PSN di RW 03. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puskesmas, jajaran Kelurahan Petojo Selatan bersama tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya serta kader juru pemantau jentik (Jumantik) melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah RW 03, Kecamatan Gambir, Jumat (29/7).

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Petojo Selatan Suci Asliyati mengatakan, kali ini PSN dilakukan di perkantoran dan pertokoan di wilayah tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD). "Kita berkeliling dan monitoring rutin seminggu dua kali setiap hari Jumat dan Selasa," katanya.

Suci menjelaskan, jika ditemukan jentik nyamuk di pertokoan atau perusahaan tersebut akan ditindaklanjuti dengan memberikan imbauan dan penjelasan terkait DBD.

"Kita beri imbauan dan arahan agar mereka (pengelola) paham terkait dengan kebersihan dan tempat penampungan air," jelasnya.

"Jika ditemukan jentik langsung kita tindaklanjuti untuk langsung membuang dan membersihkan tempat penampungan air tersebut, nantinya kader Jumantik akan mengecek kembali sore atau keesokan harinya," imbuhnya.

Suci menuturkan, untuk di pertokoan atau perkantoran belum ada tim Jumantik mandiri tetapi setiap dilakukan PSN selalu diberitahukan kepada para pekerja atau tim kebersihan agar selalu mengawasi tempat-tempat air menggenang.

"Petugas kebersihan di perkantoran dan pertokoan selalu saya minta mengecek misalnya, kamar mandi, closet, dispenser, air AC yang terkadang suka ditampung oleh beberapa orang," tuturnya.

Suci juga meminta kepada warga untuk menggalakan PSN mandiri agar tidak selalu saat Jumantik datang baru melakukan bersih-bersih.