Jajaran Pemkot Jakpus Siap Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Reporter: Maulana | Editor: Iman

Wali Kota Resmikan BIAN Tingkat Jakarta Pusat di RPTRA Tanah Abang III, Foto: Malik

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma siap menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah Jakpus dengan menggerakkan potensi yang ada untuk mengajak kelompok sasaran, untuk melakukan imunisasi terutama untuk kelompok anak usia 9-59 bulan.

"Kita lakukan sinergi yang baik dengan Sudin Kesehatan yang akan memberikan guidennya dengan gerakan melalui RT-RW, PKK, LMK, FKDM, lurah, camat, puskesmas dan seluruh komponen masyarakat," ucapnya saat ditemui usai meresmikan BIAN Tahun 2022 tingkat Wilayah Kota Administrasi Jakpus di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanah Abang III ,Kamis (4/8).

Selain itu, lanjut Dhany, pengelompokan sasaran juga perlu dilakukan untuk memudahkan dalam menyelenggarakan imunisasi.

"Harus kita deteksi kelompok sasaran banyaknya dimana, ketika lebih banyak di RPTRA, maka kita lakukan layanan tersebut di RPTRA, kalau di POS RW, kita lakukan layanan di tiap-tiap RW dengan pendekatan berbasis komunitas yang ada  di lingkup RW disamping ada posyandu,"ujarnya.

Di lokasi yang sama Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari menjelaskan target DKI Jakarta dalam BIAN ini ialah 715 ribu anak yang diimunisasi, sementara untuk diwilayah Kota Administrasi dan Kabupaten tidak diberikan target secara spesifik.

"Untuk target kita tidak dibagi per wilayah, di Jakarta Pusat sendiri, untuk imunisasi measles rubella sekitar 47.500 anak. Tetapi, untuk memenuhi target 715 ribu anak, dari Dinas Kesehatan menargetkan setiap hari 1.000 anak per kecamatan yang diimunisasi,"jelasnya.

"Tidak hanya di posyandu, kita juga melakukan layanan jemput bola, selain menyiapkan imunisasi tambahan yaitu Campak,Rubella. Kita juga melayani Imunisasi Polio,DPT,HB,Hib yang terlewat," tandasnya. (Maul)