Januari Hingga Pekan Kedua November 2022, Sudin Hutan Kota Telah Pangkas 5.844 Pohon

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sebanyak 5.844 pohon yang tersebar di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat sudah dipangkas sejak Januari hingga pekan kedua November 2022.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, pihaknya secara rutin melakukan pemangkasan pohon yang dilakukan oleh puluhan pasukan hijau tersebar di delapan kecamatan.

"Pemangkasan menindaklanjuti pengaduan warga maupun hasil pemantauan lapangan," ujar Mila, Senin (14/11).

"Ribuan pohon yang telah dipangkas di antaranya, 1.670 ringan, 3.080 sedang, 977 berat, serta 117 ditebang," imbuhnya.

Mila mengungkapkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk mengecek kondisi pohon yang rawan tumbang.

"Pohon rawan tumbang disebabkan keropos batang dapat dideteksi sedini mungkin menggunakan alat pendeteksi arbosonik yang dimiliki oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta," ungkapnya.

Menurut Mila, pemangkasan pohon dilakukan terhadap pohon yang sudah rimbun serta usia tua. Sementara, penebangan terhadap pohon mati, keropos dan terdampak pekerjaan infrastruktur untuk kepentingan umum.

"Kekuatan pohon itu berada di akar. Bila atasnya terlalu rimbun dan ada angin kencang akan berpotensi besar tumbang. Pohon yang rawan tumbang banyak di wilayah Cempaka Putih, Menteng, dan Gambir," tambahnya.