Jelang HPSN, Asekbang Harapkan Ada Perubahan Perilaku Masyarakat dalam Mengelola Sampah

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Persiapan teknis HPSN, di RPTRA Rawasari Ceria, Selasa (16/2). Foto: Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang akan jatuh pada Senin (21/2) mendatang, nantinya dapat merubah mental dan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah.

"Kita bisa mengubah kebiasaan dengan mengurangi sampah plastik dan membiasakan diri membawa tumbler, berbelanja ke pasar menggunakan tas (tote bag). Ini yang akan digelorakan di seluruh masyarakat, guna mengurangi sampah dari sumbernya," katanya saat persiapan teknis HPSN, di RPTRA Rawasari Ceria, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (16/2).

Bakwan Ferizan Ginting juga telah meminta setiap wilayah untuk mempersiapkan dan memberikan informasi terkait kegiatan di wilayah yang berkaitan dengan HPSN.

"Tadi sudah kita koordinasikan semua bersama Sudin LH (Lingkungan Hidup), tempat awalnya di RPTRA Rawasari Ceria tetapi karena perkembangan situasi berpindah ke tempat pengembangbiakan maggot di Rawasari. Persiapan sudah dilakukan dengan baik," jelasnya.

Menurutnya, semangat yang akan ditonjolkan ialah bagaimana mengelola lingkungan hidup terbebas dari sampah.

"Tentunya dengan mendaur ulang sampah, nanti kita akan buat pagelaran produk sampah daur ulang di sana, nantinya juga akan kita berikan penghargaan kepada RW-RW yang telah berhasil mengelola sampahnya dengan baik pada saat pelaksanaan HPSN," ucapnya.

Dalam persiapan teknis HPSN di RPTRA Rawasari Ceria juga dihadiri, Kasudin LH Marsigit, Perwakilan Sudin Parekraf, Camat Cempaka Putih, Lurah Rawasari, dan Ketua RW 01.