Jelang Idulfitri, Pemkot Jakpus Kembali Lakukan Pemantauan Stok dan Pengawasan Pangan Segar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting memantau harga, stok pangan, dan pengawasan makanan. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan pengawasan dan stok pangan segar, serta pemantauan harga, di Pasar Baru Metro Atom, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kamis (28/4).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, hasil pantauan di pasar ini terjadi kenaikan harga namun, tidak signifikan.

"Ada sedikit kenaikan tetapi tidak signifikan mungkin karena menjelang Hari Raya Idulfitri seperti, ayam naik Rp 3.000 hingga Rp 4.000, cabai naik sekitar Rp 2.000-an, daging juga naik sekitar Rp 10-15 ribu, pada prinsipnya harga stabil," jelasnya didampingi Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti.

Bakwan Ferizan Ginting menambahkan bahwa stok dan pendistribusian pangan di pasar tersebut dan Jakarta Pusat juga aman dan lancar. "Untuk stok pangan di Jakarta Pusat menjelang hari raya ini cukup aman walaupun ada sedikit kenaikan," tambahnya.

Sementara untuk pengawasan pangan segar di pasar tersebut, Bakwan Ferizan Ginting menuturkan, telah mengambil beberapa sampel seperti ayam, ikan, dan daging.

"Kita cek dulu pangan segar tersebut apakah mengandung formalin, zat berbahaya lainnya atau tidak, sehingga nanti aman dikonsumsi untuk masyarakat," ucapnya.

Bakwan Ferizan Ginting juga mengingatkan agar para pedagang menjual produk-produk yang sehat dan aman dikonsumsi masyarakat. "Untuk para pedagang tetap menyajikan yang terbaik, sehat, dan sesuai standar pangan," tutupnya.