Kandang Unggas di Fasos-Fasum Jadi Target Penataan Wilayah Petojo Selatan

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pembersihan tempat yang bediri di atas lahan Fasos-Fasum. Foto: pusat.jakarta.go.id

Demi menjaga keindahan dan kenyamanan wilayah, jajaran Kelurahan Petojo Selatan kembali melakukan penataan, di Jalan Petojo Enclek 13, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/12). Sasaran utama dalam kegiatan penataan ini adalah area Fasos-Fasum yang disalahgunakan.

Kasipem Petojo Selatan Ikma menerangkan, dalam kegiatan ini pihaknya berhasil menata dua posko semi permanen, dan kandang unggas yang bangunannya menempel dengan sisi belakang tembok Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

"Sudah kita lakukan sesuai prosedur yaitu sebelumnya melaksanakan rakor dengan mengundang Ketua RW/RT/LMK/FKDM. Kemudian dilanjutkan koordinasi RW dengan RT," ujar Ikma saat dikonfirmasi, Rabu (14/12).

Menurut Ikma, langkah tersebut dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada warga mengenai tujuan dari kegiatan penataan. Kemudian diperkuat dengan pemberian surat imbauan hingga surat pelaksanaan kegiatan penataan.

"Semoga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi aturan yang berlaku dan mengerti hak serta kewajiban sebagai warga yg baik terhadap lingkungan di sekitarnya," ungkap Ikma.

"Saya juga mengharapkan kepada warga tidak lagi mendirikan bangunan atau membuka usaha di atas saluran dan taman yang dapat mengganggu kebersihan, dan keindahan lingkungan.

Dalam penataan ini, Kelurahan Petojo Selatan mengerahkan 50 personel gabungan yang terdiri dari Satpol PP, PPSU, LH dan perangkat wilayah yaitu FKDM, LMK, Babinsa/Babinkamtibmas, RT dan RW.